Rabu, 04 Mei 2011

CONTOH PARAGRAF DEDUKTIF DAN INDUKTIF


A. Contoh Paragraf deduktif

Beberapa cara agar kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik. Cara tersebut dapat dilakukan dengan cara,- Berolahraga secara teratur, dengan berolahraga kesehatan tubuh akan selalu terjaga.Karena dengan melakukan olahraga racun-racun yang ada didalam tubuh akan terbakar dan keluar manjadi keringat. Olahraga banyak macamnya,dengan cara yang ringan adalah dengan joging atau senam pagi. Dan untuk yang menyukai olahraga yang berat,bisa dengan sepak bola,fitnes dan lain-lain.- Makan teratur, dengan selalu berusaha makan dengan cara teratur kesehatan tubuh akan dapat selalu terjaga. pabila mempunyai kesibukan yang sangat padat, kadang-kadang hampir setiap orang melupakan makan. Padahal makan adalah kebutuhan yang tidak bisa di tunda-tunda lagi.- Istirahat yang cukup, setelah melakukan berbagai macam kegiatan langkah selanjutnya agar kesehatan tubuh bisa selalu terjaga dengan baik adalah istirahat yang cukup. sudagh pastinya jangan pernah begadang hingga larut malam.

B.Kalimat Induktif

Berolahraga secara teratur dapat dilakukan dengan cara yang ringan-ringan saja,seperti halnya joging dan senam pagi.dengan melakukan kegiatan olahraga,dapat membakar semua racun yang ada didalam tubuh dan mengeluarkannya menjadi keringat. Jangan lupa makan dengan teratur,jangan pernah nmenunda-nunda makan.karena makan adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda-tunda lagi. setelah itu,jangan lupa istirahat yang cukup,untuk menyiapkan hari esok.jangan pernah begadang. Dari beberapa keterangan diatas, merupakan beberapa cara agar kesehatan tubuh selalu terjaga dengan baik.

Setelah melihat perbedaan dari kedua paragraf diatas, dapat terlihat adanya perbedaan dari masing-masing paragraf tersebut. Untuk paragraf yang pertama, kalimat utamanya ada di awal paragraf, setelah itu diikuti oleh beberapa kalimat penjelas. Dan untuk paragraf yang kedua, kebalikan dari paragraf yang pertama. Kalimat utamanya terletak di akhir kalimat,dan sebelumnya ada beberapa kalimat penjelas.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar